Sebelum saya mengupas susunan media filter penjernih air tanah yang baik dan benar , saya sebelumnya telah membahas fungsi tawas, fungsi k...

0 Comments
Sebelum saya mengupas susunan media filter penjernih air tanah yang baik dan benar , saya sebelumnya telah membahas fungsi tawas, fungsi kaporit, fungsi karbon aktif/fungsi arang aktif, fungsi pasir aktif, fungsi manganese greeensand di LINK ini  : fungsi media filter air

       Air merupakan kebutuhan yang sangat vital bagi kehidupan manusia. Karena itu jika kebutuhan akan air tersebut belum tercukupi maka dapat memberikan dampak yang besar terhadap kerawanan kesehatan maupun sosial. Pengadaan air bersih di Indonesia khususnya untuk skala yang besar masih terpusat di daerah perkotaan, dan dikelola oleh Perusahan Air Minum (PAM) kota yang bersangkutan. Namun demikian secara nasional jumlahnya masih belum mencukupi dan dapat dikatakan relatif kecil yakni 10,77 % (Supas -1985). Untuk daerah yang belum mendapatkan pelayanan air bersih dari PAM umumnya mereka menggunakan air tanah (sumur), air sungai, air hujan, air sumber (mata air) dan lainnya.

            Dari hasil survey penduduk antar sensus (SUPAS) 1985, prosentasi banyaknya rumah tangga dan sumber air minum yang digunakan di berbagai daerah di Indonesia sangat bervariasi tergantung dari kondisi geografisnya. Secara nasional yakni sebagai berikut : Yang menggunakan air leding 10,77 %, air tanah dengan memakai pompa 7,85 %, air sumur (perigi) 53,78 %, mata air (air sumber) 15,70 %, air sungai 8,54 %, air hujan 1,64 % dan lainnya 1,71 %.

            Permasalahan yang timbul yakni sering dijumpai bahwa kualitas air tanah maupun air sungai yang digunakan masyarakat kurang memenuhi syarat sebagai air minum yang sehat bahkan di beberapa tempat bahkan tidak layak untuk diminum. Air yang layak diminum, mempunyai standar persyaratan tertentu yakni persyaratan fisis, kimiawi dan bakteriologis, dan syarat tersebut merupakan satu kesatuan. Jadi jika ada satu saja parameter yang tidak memenuhi syarat maka air tesebut tidak layak untuk diminum. Standar kualitas air minum menurut Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.20 Tahun 1990 ditunjukkan seperti pada Tabel I.3). Pemakaian air minum yang tidak memenuhi standar kualitas tersebut dapat menimbulkan gangguan kesehatan, baik secara langsung dan cepat maupun tidak langsung dan secara perlahan.

            Air tanah sering mengandung zat besi (Fe) dan Mangan (Mn) cukup besar. Adanya kandungan Fe dan Mn dalam air menyebabkan warna air tersebut berubah menjadi kuning-coklat setelah beberapa saat kontak dengan udara. Disamping dapat mengganggu kesehatan juga menimbulkan bau yang kurang enak serta menyebabkan warna kuning pada diding bak serta bercak-bercak kuning pada pakaian. Oleh karena itu menurut PP No.20 Tahun 1990 tersebut, kadar (Fe) dalam air minum maksimum yang dibolehkan adalah 0,3 mg/lt, dan kadar Mangan (Mn) dalam air minum yang dibolehkan adalah 0,1 mg/lt.

            Di negara maju seperti Amerika dan Jepang, peraturan standar kualitas air minumnya lebih ketat lagi. Total kandungan besi dan mangan dalam air minum maksimum yang diperbolehkan adalah 0,3 mg/lt. Untuk menanggulangi masalah tersebut, perlu dilakukan upaya penyediaan sistem alat pengolah air skala rumah tangga yang dapat menghilangkan atau mengurangi kandungan besi dan mangan yang terdapat dalam air air sumur atau tanah. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas air tanah yakni dengan menggunakan filter dengan media mangan zeolit dan karbon aktif. (peneliti bppt , Kelompok Teknologi Pengelolaan Air Bersih dan Limbah Cair ) 

ada beberapa masalah di air mari kita uraikan terlebih dahulu yaitu

1) air mengandung besi dan mangan cukup besar
2) air mengandung bakteri e colli
3) air berwarna
4) air berbau
5) air memiliki ph asam
6) air mengandung kapur

persoalan air mengandung besi dan mangan ini sangat sering terjadi di pemukiman /perumahan yang dulunya bekas lahan pertanian. apa hubungannya ? kapan-kapan akan kami ulas jika sempat.

contoh air mengandung besi



Besi dan Mangan terlarut dalam air dalam bentuk senyawa Fe2+ dan Mn2+,  Proses penghilangan besi dan mangan dengan cara oksidasi dapat dilakukan dengan tiga macam cara yakni oksidasi dengan udara atau aerasi, oksidasi dengan khlorine (khlorinasi) dan oksidasi dengan kalium permanganat . Maka jika air anda mengandung besi tinggi , silahkan pakai media filter ini yang ady water jual yaitu PASIR AKTIF, ZEOLIT MANGAN, MANGANESE GREEENSAND, FERROLITE TOHKEMY, KAPORIT, BIRM yang semuanya itu mengandung zat oksidator kuat untuk menetralkan kandungan besi dan mangan. Komposisi media filter penjernih air tanah diatas bisa 50% lebih dari volume tabung dan sisanya bisa pasir silika dan karbon aktif. 

Air mengandung bakteri e-colli. Ada beberapa cara :
  1. Sinar Ultraviolet . Ady Water jual UV WATER Steriligth VIQUA dari Kanada .Asli !
  2. Kaporit di awal dan di netralkan sisa kaporit dengan karbon aktif coal based
  3. Membran reverse osmosis . Ady Water jual membran ro kapasitas industri/hotel/perumahan besar , dengan garansi
  4. Ozon 
alat-alat diatas terpisah dari tabung filter yaa.. dan sangat efektif untuk menghilangkan bakteri e-colli



Air mengandung warna. Silahkan pakai karbon aktif yang baik dan benar bukan abal-abal. Karbon aktif yang baik dan benar akan cukup efektif untuk menyerap warna dalam air dan bertahan cukup lama dalam tabung filter. Kalau masalah utama air anda hanya warna, silahkan masukkan semua karbon aktif hingga memenuhi 80 % tinggi tabung agar betul betul karbon aktif bisa menyerap warna. Mesin reverse osmosis juga bisa menghilangkan warna dan cartridge carbon aktif juga bisa.

Air berbau. solusi air berbau bisa menggunakan karbon aktif dan komposisinya bisa 30% pasir silika dan sisanya karbon aktif. Jangan lupa, atur ketinggian karbon di angkat 80 % dari tinggi tabung.

ph Air mengandung asam. Solusinya adalah  memakai  bubuk Kalsium (Ca) ataupun bahan yang mengandung Kalsium (Ca). Rinciannya adalah 
1) Bubuk dolomit ataupun Kalsit sebanyak 150 gram/m3.
2) Beli ‘Calc’yaitu tablet kalsium yang dijual di apotik
3) Berikan batu kapur  ke sumber air utnuk di netralkan

Terakhir solusi air yang mengandung kapur . Ini kebalikannya yang sebelumnya air banyak mengandung asam dan solusinya kapur2an. Solusinya adalah 

  1. zeolit 
  2. membran ro
  3. softener resin kation 

ady water jual zeolit, jual membran rerverse osmosis dan jual tangki softener dan media filter airinya yaitu resin kation merek dowex, lewatit, purolite, amberlite, 












You may also like