Whatsapp
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengolahan air limbah perlu aerasi-kah ?


AERASI di pengolahan limbah udara ke dalam air limbah agar bisa menguraikan komponen polutan secara aerobik/ melibatkan oksigen . Ini adalah bagian integral dari kebanyakan sistem pengolahan air limbah biolog
Proses aerasi merupakan  proses penambahan is . Tidak seperti proses kimia yang menggunakan bahan kimia untuk mereaksikan  dan menstabilkan kontaminan dalam aliran air limbah , tapi proses  biologis menggunakan mikroorganisme dengan  alami dalam air limbah untuk menurunkan kontaminan air limbah.


Sebaiknya Kapan menggunakan aerasi ?
Dalam proses  air limbah kota dan industri , aerasi merupakan bagian dari proses pengolahan sekunder .  Proses lumpur aktif adalah keputusan  yang paling umum dalam pengolahan sekunder Cara kerja Aerasi dalam proses lumpur aktif adalah dengan  memompa udara ke dalam tangki , yang membantu  perkembangan  mikroba dalam air limbah . Kemudian mikroba memakan bahan organik , membentuk flok hingga mudah  mengendap . Setelah flok jatuh ke bawah  tangki pengendapan ,flok akan terpisah , bakteri membentuk " lumpur aktif "  dan flok terus di alirkan ulang kembali ke bak  aerasi untuk meningkatkan laju dekomposisi .

Cara kerja aerasi ?

Aerasi memberikan oksigen ke bakteri untuk mengobati dan menstabilkan air limbah . Oksigen dibutuhkan oleh bakteri untuk memungkinkan biodegradasi terjadi . Oksigen yang ada dimanfaatkan oleh bakteri dalam air limbah untuk memecah bahan organik yang mengandung karbon untuk membentuk karbon dioksida dan air . Tanpa adanya oksigen yang cukup , bakteri tidak dapat terurai bahan organik yang masuk dalam waktu yang wajar . Dengan tidak adanya oksigen terlarut , degradasi harus terjadi dalam kondisi septik yang lambat , berbau , dan menghasilkan konversi lengkap polutan . Dalam kondisi septik , beberapa proses biologis mengubah hidrogen dan sulfur untuk membentuk hidrogen sulfida dan mengubah karbon menjadi metana .  Karbon lainnya akan dikonversi ke asam organik yang menciptakan kondisi pH rendah di cekungan dan membuat air lebih sulit untuk mengobati dan mempromosikan pembentukan bau .  Biodegradasi bahan organik tanpa adanya oksigen adalah proses biologis sangat lambat .

Mengapa Aerasi Penting untuk Pengolahan Air Limbah ?

Aerasi merupakan komponen yang paling penting dari sebuah sistem pengolahan menggunakan proses lumpur aktif . Sebuah sistem aerasi yang di desain  dengan baik akan memiliki meningkatkan  pengolahan air limbah itu . Kunci sistem aerasai adalah Suplai oksigen yang cukup dan merata dalam suatu sistem menjadikan proses aerasi  efektif, layak dan ekonomis.



ADY WATER menjual  aneka produk pengolahan air seperti pasir silika, karbon aktif, resin kation anion, membra n ro, tangki filter ,tangki softener