Ion Exchange    adalah suatu bahan kimia terbuat dari poli propilen yang mampu menukar ion. Jenis ion yang di pertukarkan meliputi ion...

0 Comments


Ion Exchange   adalah suatu bahan kimia terbuat dari poli propilen yang mampu menukar ion. Jenis ion yang di pertukarkan meliputi ion positif ( cation exchange) dan ion negatif (anion exchange).

Cation Exchange akan menukar ion -ion positif antara lain  Ca2+ dan  Mg2+  dimana kedua penyebab utama hardness (kesadahan). Jenis Cation Exchange merek lewatit adalah tipe S80 ( sudah tidak beredar) diganti oleh lewatit C249.

Cation Exchange di pakai untuk mengolah air yang sadah (hardnessnya tinggi, contohnya air kapur) dengan ditandai adanya kerak di panci atau butuh sabun banyak sekali saat memakai air dengan hardness tinggi. air dengan hardness tinggi mengandung kalsium dan magnesium yang tinggi (diatas 20 ppm as caco3) , bagi industri  tertentu (tekstil,farmasi,minuman dll)  akan memakai air hasil olahannya di bawah 20 ppm as caco3.

Salah satu merek resin yang cukup terkenal adalahResin lewatit jerman  Cation Exchange  yang  menyerap kandungan kalsium dan magnesium (air kapur contohnya).

Mulai akhir tahun 2011, pihak Lanxess Jerman (manufactur resin merek lewatit) secara resmi tidak mengedarkan lagi  resin  Cation Exchange  lewatit tipe S-80 dan sebagai gantinya adalah tipe C-249.
Kalaupun masih ada yang menjual , ada sebagian agen yang menyimpannnya  dengan jumlah terbatas juga

Berikut  tabel perbedaan resin kation lewatit S-80 dan C-249 :
Jika diamati secara seksama, tidak ada perbedaan secara fisik antara kedua tipe resin tersebut.
Perbedaannya ada pada nilai uniformity coefficient di mana uniformity coeeficient C-249 maksimal 1.6 (lebih baik daripada S80,maksimal 1.7) dan fungsi C-249 LEBIH BAIK DARIPADA S-80 dimana C-249 bisa dipakai di demineralizer selain di softener tentunya.

Bagi rekan-rekan yang hendak mengganti resin lewatit tipe S-80 ke C-249 jangan khawatir mengenai perbedaan fisiknya, kurang lebih sama antara C-249 dan S-80.

Kesimpulannya : resin lewatit kation tipe S-80 hanya bisa dipakai untuk softener saja sedangkan tipe C-249 bisa di pakai untuk demineralizer dan softener.


LINK KE RESIN LEWATIT :




You may also like